INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA GEMEKSEKTI KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN

Rembug Warga Tahunan ( RWT ) Desa Gemeksekti

Rembug Warga Tahunan ( RWT ) Desa Gemeksekti

Pada hari Jum’at, 14 Februari 2020 di Desa Gemeksekti diadakan melaksanakan kegiatan  Rembug Warga Tahunan (RWT) yang dihadiri fasilisator kab Kebumen, lurah desa, lembaga desa termasuk PKK, LPMD, BPD tokoh masyrkat, RT/RW se desa Gemeksekti dalam sambutannya ketua BKM Gemeksekti mengatakan program kotaku 100.100 angka 100 berharap bisa bebas dari kekumuhan utk 100 berikutnya sanitasi terpenuhi sedangkan lurah desa mengatakan terima kasih atas terlaksananya RWT sebagai wujud tanggung jawab yang diembannya juga pentingnya sinergitas antara BKM dengan pemerintah desa melalui APBDesa. Tidak ada langkah seribu tanpa dimulai dari langkah satu. RWT sebagai pertanggung-gugatan LKM kepada masyarakat menjadi embrio bersemainya demokrasi lokal. RWT sebagai instrumen penting untuk melakukan evaluasi bersama kepada LKM itu. Tentu, RWT ini tidak sekedar menjadi rutinitas tahunan yang miskin orientasi dan substansi. Oleh karenanya, pelaksanaan RWT akan kehilangan makna hakikinya jika hanya dilaksanakan untuk menggugurkan kewajiban siklus semata. Lebih dari itu, RWT menjadi media warga dalam melahirkan gagasanmemupuk toleransi, bahkan beradu argumentasi bersama warga sebagai wujud cintanya kepada LKM.

Kiranya dalam pelaksanaan RWT ada hal penting yaitu kegiatan tinjauan partisipatif. Dimana kegiatan ini merupakan tinjauan ulang terhadap kegiatan LKM selama satu tahun anggaran. Kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan proses pembelajaran dari anggota LKM terhadap kinerja LKM. Selain itu, mendorong terjadinya kontrol sosial terhadap program-program kegiatan dan menilai kinerja keuangan dari sektretaris dan UPK. Tinjauan partisipatif merupakan audit sosial yang dilakukan oleh masyarakat. Jika dilakukan dengan baik dan benar, maka pelaksanaan RWT akan melahirkan ide dan program kerja LKM yang cemerlang pada tahun berikutnya. RWT bukan forum warga untuk melahirkan keputusan dan perencanaan semata-mata memenuhi target. Lebih dari itu, RWT dapat membangun masyarakat yang demokratis.

Rembug Warga Tahunan (RWT), yang merupakan forum untuk pengambilan keputusan tertinggi dari masyarakat juga merupakan wujud dari kedaulatan masyarakat untuk melakukan kontrol atau pengawasan terhadap sebuah lembaga (LKM) yang diberi amanah oleh masyarakat. Di forum inilah LKM menyampaikan semua kegiatan yang telah dilaksanankan maupun program/rencana yang akan akan dilaksanakan. RWT Bahkan juga sebagai ruang public guna menyelesaikan dan memecahkan permasalahan secara bebas demi terwujudnya kesejahteraan sosial.

Semoga RWT ini menjadi pijar yang bisa memberikan cahaya dalam menumbuh suburkan praktik demokrasi lokal yang lebih baik.

Kontributor: Fajar Kartika

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip BERITA

Statistik Pengunjung